Minggu, 14 September 2008

Apa itu Knowledge Management??

Knowledge Management (KM) adalah adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari bersama di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

KM pernah diterapkan oleh perusahaan elektrik kenamaan Jepang, Matsushita Electric. Pada tahun 1985, Matsushita Electric mengalami kesulitan dalam pembuatan mesin pembuatan roti. Akhirnya seorang pengembang software matsushita electric bernama Ikuko Tanaka yang mempunyai ide cemerlang untuk pergi magang langsung ke pembuat roti ternama di Osaka International Hotel. Selesai magang, Ia mempreesentasikan hasil magangnya kepada para engineer.Para engineer Matsushita Electric menerjemahkannya dengan penambahan part khusus dan melakukan perbaikan lain pada mesin. Percobaan yang dilakukan akhirnya sukses besar. Upaya yang dilakukan Ikuko Tanaka membuat perusahaan tersebut kini mempunyai formula khusus untuk terus meningkatkan inovasi, dimana formula tersebut kini dipahami oleh seluruh engineer di perusahaan tersebut.


Dikutip dari: RomiSatriaWahono.net

4 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Semoga di kuliah ni kite jadi orang yang menyampaikan dan menerima informasi dengan baek dan bener tanpa ada salah paham.

Anonim mengatakan...

penjelasan KMnya lengkap disertai contoh lagi.. bagus jri'
terus menulis ya..

Eki Ludfiyanti mengatakan...

hahaha, lucukan..
monyet itu emng lucu kali..
eh, jri, ayo lbh narsis lagi 'about me'nya!!!
kata pa dachyar kan harus narsis.

btw, mari berkerah n bersepatu bersama!!!